PEMBELAJARAN MODEL PROJECT CHALLENGES DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • desi hermawati Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Project Challenges dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda sebagai subyek penelitian. Penelitian ini dilakukan selama 1 tahun dalam 2 semester yang dilaksanakan pada bulan September 2016 sampai bulan Juni 2017. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Challenges dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Downloads

Published

2017-11-27

How to Cite

hermawati, desi. (2017). PEMBELAJARAN MODEL PROJECT CHALLENGES DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(3), 207–213. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/151

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)