PENGUATAN RASA INGIN TAHU DAN PEMAHAMAN LITERASI MATEMATIKA DI SEKOLAH PADA ERA NEW NORMAL

Authors

  • Nurdin Arifin Universitas Widya Gama

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i1.1004

Keywords:

Rasa Ingin Tahu; Literasi MAtematika, Peserta didik; guru

Abstract

Kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh kemerdekaan secara lahir dan batin dalam setiap kegiatan pembelajaran. Meningkatkan rasa ingin tahu dan literasi matematika memainkan peran salah satu dalam keterampilan hidup. Rasa ingin tahu membuat meningkatkan pengambilan keputusan untuk lebih baik dengan mengaitkan pengalaman belajar sebelumnya. Literasi matematika adalah salah satu tujuan utama organisasi instruksional di sekolah. Pengajaran matematika di sekolah bertujuan untuk membekali siswa dengan literasi matematika dan kemampuan menggunakan dan menerapkan pengetahuan matematika dalam situasi kehidupan nyata yang terjadi di luar sekolah. Literasi matematika sebagai kemampuan seseorang untuk terlibat dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi secara spesifik matematika, seperti analisis, penalaran, dan komunikasi konsep matematika dalam kehidupan nyata, situasi sehari-hari. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanaakan secara daring dan tatap muka dengan metode dalam kegiatan pengabdian ini dilaksanakan yakni metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pada kegiatan ini para peserta mampu memahami karakteristik rasa ingin tahu serta mengetahui literasi matematika. Sehingga setelah diadakan kegiatan ini, diharapkan para peserta mampu mengaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Articles