SOSIALISASI PENDIDIKAN HAK ASASI MANUSIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan pemahaman akan pentingnya menjaga, melindungi dan menghormati hak asasi manusia. Melalui pemahaman pentingnya hak asasi manusia sejak dini dapat menumbuhkan karakter anak untuk bisa menghormati dan menghargai hak asasi manusia. Pendidikan yang dilakukan bertujuan memberi pengetahuan kepada anak betapa pentingnya hak asasi manusia yang akan mendorong untuk tidak melakukan pelanggaran hak asasi manusia. Untuk anak sekolah dasar sudah harus mendapatkan pemahaman tentang hak asasi manusia. Pendidikan yang dilakukan tentu saja tidak hanya sekedar sekedar teori tetapi juga melalui keteladanan dan pembiasaan. Pendidikan diberikan tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah dan fakta banyak orang tua menyerahkan Pendidikan karakter maupun Pendidikan Hak Aasasi Manusia kepada sekolah. Kerjasama antara orang tua dengan sekolah dalam melaksanakan Pendidikan hak asasi manusia agar tidak ada perbedaan prinsip terkait hak asasi manusia dan penanaman karakter anak. Hasil yang ada dilapangan menunjukkan bahwa Dalam pendidikan HAM dalam dunia pendidikan Sekolah Dasar dapat juga memastikan akses pengetahuan siswa tentang HAM. Ketidaksetaraan kelas, usia dan sebagainya yang dihasilkan dari dunia global kontemporer telah menciptakan ketidakseimbangan structural. Posisi pendidikan HAM dalam dunia pendidikan Sekolah Dasar membantu penyelenggaraan kehidupan masyarakat yang bebas dari pelanggaran HAM. Pendidikan yang bisa mengurangi tingkat pelanggaran Hak Asasi Manusia, ialah dengan melakukan pendidikan Hak Asasi Manusia di SD yakni dengan cara memberikan nilai-nilai dasar Hak Asasi Manusia kepada peserta didik.