Main Article Content

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu para ibu rumah tangga berkaitan dengan pengelolaan keuangan rumah tangga. Rumah tangga melakukan investasi kemudian menggunakannya untuk mencapai tujuan. Rumah tangga memiliki persoalan dengan ciri khusus yang mencerminkan karakternya sendiri. Menurut Garlans (2014) Perencanaan keuangan adalah hal yang wajib dilakukan bagi siapa saja yang menginginkan keberhasilan keuangan  yaitu  jumlah  kekayaan  lebih  besar  dari  liabilitasnya.  Orang  yang berhasil dalam keuangan tesebut mampu menyelaraskan antara penggunaan dana dengan pendapatan yang diperoleh.


Tujuan  dan  target  yang  ingin  dicapai  dalam  kegiatan  pengabdian kepada masyarakat ini adalah edukasi dan sosialisasi manajemen kas rumah tangga sehingga dapat mencegah kegagalan keuangan rumah tangga. Luaran yang dihasilkan adalah metode manajemen kas rumah tangga, menumbuhkan rumah tangga yang memiliki manajemen kas yang baik, meningkatkan pengetahuan pentingnya pengaturan keuangan rumah tangga menjadi produktif, menumbuhkan pemahaman untuk dapat secara bertahap dapat terhindar dari ketergantungan lembaga-lembaga peminjaman, dan meningkatkan kesejahteraan rumah tangga


Metode pengabdian  yang digunakan adalah  edukasi dan sosialisasi terhadap ibu-ibu rumah tangga dilingkungan RT 35, 36, 37 di lingkungan kelurahan sidodadi. Dengan cara memberikan pengenalan awal terhadap permasalahan yang terjadi pada umumnya dalam rumah tangga, pengenalan terkait pengelolaan keuangan ruamh tangga setelah itu memberikan gambaran terkait manajemen kas rumah tangga untuk mencegah kegagalan rumah tangga (family financial distress)

Keywords

Edukasi dan sosialisasi, Manajemen Kas Rumah Tangga

Article Details