SOSIALISASI MENUMBUHKAN MINAT SEMANGAT MINAT SEMANGAT WIRAUSAHAWAN SERTA PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM

Authors

  • Pantas P Pardede Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Selamat Junaidi Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Hasyawaliah Taslim Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i2.1224

Keywords:

Sosialisasi, Pengelolaan Keuangan, Semangat Berwirausaha

Abstract

            Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu para pelaku usaha UMKM berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan semangat wirausaha. Perencanaan keuangan adalah hal yang wajib dilakukan bagi siapa saja yang menginginkan keberhasilan keuangan  yaitu  jumlah  kekayaan  lebih  besar  dari  liabilitasnya.  Orang  yang berhasil dalam keuangan tesebut mampu menyelaraskan antara penggunaan dana dengan pendapatan yang diperoleh.

            Tujuan  dan  target  yang  ingin  dicapai  dalam  kegiatan  pengabdian kepada masyarakat ini adalah edukasi dan sosialisasi semangat berwirausaha dan cara mengelola laporan keuangan yang baik sehingga dapat mencegah kegagalan keuangan pada UMKM. Luaran yang dihasilkan adalah metode pengelolaan keuangan, menumbuhkan UMKM yang memiliki manajemen kas yang baik, meningkatkan pengetahuan pentingnya pengaturan keuangan UMKM menjadi produktif, menumbuhkan pemahaman untuk dapat secara bertahap dapat terhindar dari ketergantungan lembaga-lembaga peminjaman, dan meningkatkan kesejahteraan UMKM

Metode pengabdian  yang digunakan adalah  edukasi dan sosialisasi terhadap Pelaku usaha di lingkungan pemuda-pemudi, Lempake RT 10 di kelurahan Lempake. Dengan cara memberikan pengenalan awal terhadap permasalahan yang terjadi pada umumnya dalam UMKM, pengenalan terkait pengelolaan keuangan UMKM setelah itu memberikan gambaran terkait pengelolaan keuangan UMKM untuk mencegah kegagalan UMKM dalam mengelola keuangan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Downloads

Published

2023-02-23

Issue

Section

Articles