PERKEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATAN MUTU KUALITAS PEMBELAJARAN SERTA PROFESIONALITAS GURU DIERA 5.0

Authors

  • Nancy. C. O. M. Pelealu Universitas Mulawarman
  • Fajar Eriza Rikasari Universitas Mulawarman
  • Devita Sindy Universitas Mulawarman
  • Dwi Nugroho Hidayanto Universitas Mulawarman

Keywords:

“-“

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi memegang peran yang sangat penting dalam sebuah peradaban manusia. Dalam sejarah, perkembangan teknologi selalu berevolusi dari waktu ke waktu. Hal ini dibuktikan dengan jejak-jejak peralatan dan teknologi yang dimiliki sejak awal peradabannya ditemukan, yang kemudian direkonstruksikan secara historis dan dianalisis kaitannya dengan perkembangan peradaban manusia. Seiring perjalanan waktu dan peradaban yang terus berkembang, hingga sampai pada abad-21, dimana kehidupan manusia semakin modern sehingga semakin terlihat bahwa teknologi itu sangat dibutuhkan. Khususnya diera 5.0 ketika teknologi digital semakin menguasai dunia di segala aspek, semakin terbukti bahwa manusia dan teknologi tidak dapat dipisahkan. Dalam sektor pendidikan saat ini, teknologi digital merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta profesionalisme seorang guru. Guru adalah tokoh sentral dalam proses perubahan dan pemanfaatan teknologi digital saat ini, karena guru adalah individu yang paling dekat dengan peserta didik. Dalam artikel/makalah kali ini, akan banyak dibahas tentang bagaimana guru berjuang dengan luar biasanya untuk bisa beradaptasi dengan perubahan proses pembelajaran yang menggunakan teknologi digital. Begitu banyak tantangan dan hambatan yang harus dilalui. Namun begitu akhirnya banyak guru yang dapat berhasil keluar dari kondisi-kondisi yang sulit tersebut. Banyak aplikasi-aplikasi digital baru yang harus dipelajari gunu tercapainya tujuan pendidikan yang lebih maksimal beserta peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Objek penelitian adalah beberapa guru TK dikota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru mampu melewati keadaan-keadaan sulit disaat melukakan medel pembelajara abad-21 dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai media pembelajaran diera 5.0

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles