PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PROGRAM PEMBINAAN BELAJAR ANAK USIA SD DI MASA PANDEMI COVID-19 DESA SUMBER SARI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Andi Alif Tunru Andi Alif Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Jelfini
  • Rahmat Ilahi

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i2.849

Keywords:

Bimbingan Belajar, Anak Usia SD

Abstract

Corona Virus Disease 2019 atau disingkat menjadi COVID-19 ini sudah menyebar ke seluruh Negara besar yang ada di dunia terutama Negara Indonesia. Covid-19 ini memperngaruhi berbagai aspek seperti aspek pendidikan, ekonomi, social dan lain-lain. Semakin hari peningkatan covid-19 semakin tidak terkendali sehingga pemerintah harus bekerja keras dalam menanggulangi covid-19 yang ada di Indonesia. Kemandirian belajar sangat penting dalam proses belajarnya siswa, masalah yang bisa terjadi dari rendahnya kemandirian belajar yaitu berdampak pada prestasi belajar siswa yang menurun, kurangnya tanggungjawab siswa dan ketergantungan terhadap orang lain dalam mengambil keputusan maupun dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Sementara itu bimbingan belajar sebagai salah satu usaha untuk membantu permasalahan siswa dalam hal belajar dilakukan dengan cara mengembangkan suasana belajar mengajar yang kondusif agar siswa terhindar dari kesulitan belajar. Para pembimbing membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, mengambangkan cara belajar yang efektif, membantu siswa agar sukses dalam belajar dan agar mampu menyesuaikan diri terhadap semua tuntutan program/ pendidikan. Dalam bimbingan belajar, para pembimbing berupaya memfasilitasi siswa dalam mencapai tujuan akademik yang diharapkan. Hal ini menunjukkan betapa penting peranan pembimbing sekolah dalam usaha membimbing belajar siswa untuk mengetahui permasalahan dan penyebab terjadinya masalah sampai pada bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Downloads

Published

2022-01-16

Issue

Section

Articles