EDUKASI TEORI ORGANISASI KEPADA IKATAN REMAJA MESJID SULTAN M. SULAIMAN KELURAHAN GUNUNG KELUA KOTA SAMARINDA

Authors

  • Muhammad Habibi Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Ahmad Yani
  • Kiki Risky Tania Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i1.959

Keywords:

Teori Organisasi, IRMAS, Manfaat teori organisasi

Abstract

Organisasi merupakan hal yang paling penting dalam manajemen. Karena tanpa organisasi yang baik dan teratur, tak ada manajemen yang bisa menjalankan fungsinya. Pada hakikatnya organisasi dibentuk sebagai wadah untuk berkumpul, bekerja sama secara sistematis. Alasan mengapa Teori Organisasi itu penting adalah, karena dengan mempelajari teori organisasi umum, seseorang akan lebih bisa memahami bagaimana ia harus menempatkan diri ketika berada didalam suatu ikatan organisasi. Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) adalah salah satu contoh organisasi yang merupakan bagian dari  jamaah masjid, bertugas dan berkewajiban dalam menjalin hubungan harmonis dengan para remaja masjid, hingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan maju. Melalui organisasi ini pula para remaja bisa mengasah kemampuannya dalam berorganiasi.

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah; (1) mengedukasi remaja khususnya IRMAS Mesjid Sultan M Sulaiman mengenai teori organisasi agar dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang organisasi kehidupan, remaja dapat mengantisipasi berbagai jenis masalah yang mungkin akan dihadapi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab baik dalam organisasi IRMAS maupun di organisasi lainnya. (2) mengevaluasi secara bersama – sama anggota IRMAS apakah IRMAS Mesjid Sultan M Sulaiman sudah menerapkan teori organisasi dengan baik, sehingga dapat memperbaiki proses operasional yang ada dalam organisasi.

Hasil pelaksanaan yakni peserta termotivasi untuk lebih mengasah kemampuan mereka dalam berorganisasi karena dengan berorganiasi banyak sekali manfaat yang akan mereka peroleh yaitu: Manfaat Sosial: banyak organisasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk pergaulan. Manfaat material: melalui organisasi manusia dapat melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukannya sendiri misalnya dengan beroganisasi Memperbesar kemampuannya. Dengan berorganisasi manusia dapat menghemat waktu untuk mencapai suatu sasaran.  Alasan material ketiga untuk adanya organisasi adalah bahwa organisasi memungkinkan manusia untuk menarik manfaat dari pengetahuan yang terakumulasi. Melalui PKM ini organisasi IRMAS Mesjid Sultan M Sulaiman telah mengevaluasi permasalahan yang terdapat dalam organisasi tersebut dan telah mendiskusikan solusi atas permasalahan tersebut.

 

Kata Kunci: Teori Organisasi, IRMAS, Manfaat teori organisasi

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Articles