Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Wahyu Bagja Sulfemi STKIP Muhammadiyah Bogor

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada peserta didik kelas V SDN Baktijaya 3 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 13 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Baktijaya 3 dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan media relief experience. Berdasarkan hasil pada pembelajaran prasiklus dengan KKM 70, diperoleh rata-rata kelas 57,6. Peserta didik yang tuntas dalam belajar hanya 8 orang (25%) dan dapat menjawab pertanyaan guru 10 orang (31, 3%). Sedangkan peserta didik yang tidak dapat menjawab pertanyaan guru berjumlah 22 orang (68,8%). Pada siklus 1, rata-rata kelas adalah 68,4. Peserta didik yang belajarnya tuntas sebanyak 15 orang (47%) dan berdasarkan hasil pengamatan, hanya 21 orang (65,6%) yang dapat menjawab pertanyaan guru. Pada siklus 2, nilai rata-rata kelas sebesar 83,6. Peserta didik yang tuntas dalam belajar sebanyak 27 orang (84,4%). Sedangkan pada hasil pengamatan, didapat 28 orang (87,5%) dapat menjawab pertanyaan guru. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model MMP dengan media relief experience dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik, materi yang disampaikan dapat  lebih mudah mereka pahami. Tanggung jawab peserta didik terhadap tugas yang diberikan juga meningkat, serta membantu mereka untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Author Biography

Wahyu Bagja Sulfemi, STKIP Muhammadiyah Bogor

Doesn tetap dan Ketua Program Studi Administrasi STKIP Muhammadiyah Bogor

Downloads

Published

2019-04-22

How to Cite

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3), 232–245. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/269

Issue

Section

Articles