Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam <p><strong>PENDAS MAHAKAM</strong> journal published two times a year in June and December; contains articles of research or study literature learning education and elementary education. Articles written in Indonesian or English.&nbsp;</p> en-US m.zaibi@uwgm.ac.id (Muhammad Zaibi) afdal@uwgm.ac.id (Afdal) Mon, 05 Feb 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.15 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Dampak Teknik Pembelajaran Trifokus Steve Snyder terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di UPT SPF SD Inpres Manggala https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1415 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran <em>trifokus steve snyder</em> terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Manggala. Jenis dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas III A yang terdiri dari 33, adalah <em>simple random sampling.</em> Teknik pengumpulan data menggunakan tes (keterampilan membaca pemahaman), observasi dan angket. Hasil analisis deskriptif aktivitas guru dengan nilai rata-rata 3 dalam kategori baik, aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 2,8 dalam kategori baik dan keterampilan membaca pemahaman dengan nilai rata-rata 2,8 dalam kategori baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa adanya pengaruh teknik pembelajaran <em>trifokus steve snyder</em> terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Manggala dengan nilai sig 0,027 &lt; 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah teknik pembelajaran <em>trifokus steve snyder </em>berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Manggala.</p> Sri Regina Amir Gina, Eka fitriana Hs, Jusmawati, Muh. Khaedar Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1415 Mon, 20 May 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1638 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Mongisidi 4 kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, Populasi penelitian sebanyak 215 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah <em>Random Sampling</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa, hal ini berdasarkan nilai <em>Asymptotic Sig</em> sebesar 0,000 yang artinya kurang dari Sig alpha yang ditentukan yaitu 5% (0,05) maka ada pengaruh yang signifikan implementasi karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa.</p> Sundari Hamid, Rosnani Rosnani, St. Muriati Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1638 Mon, 20 May 2024 00:00:00 +0000 Transformasi Manajemen Sekolah melalui Supervisi Manajerial https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1676 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana supervisi manajerial terhadap guru dan kepala sekolah dilakukan di sekolah dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dikombinasikan dengan pendekatan studi tinjauan.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan sekolah sangat penting untuk meningkatkan kapasitas personil dan manajemen sekolah. Supervisor berperan dalam: (1) membantu perencanaan dan penyediaan sumber daya; (2) mengevaluasi kinerja dan kebutuhan guru; (3) mendukung lingkungan kerja sama yang positif; dan (4) melaporkan kemajuan guru. Supervisi manajerial yang baik sangat penting untuk peningkatan kinerja guru dan kepala sekolah. Penelitian ini menegaskan bahwa peran supervisor dalam perencanaan, evaluasi, dukungan, dan pelaporan kemajuan guru sangat krusial dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.</p> Muhammad Rohim, Muchammad Eka Mahmud, Akhmad Muadin Copyright (c) 2024 Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1676 Tue, 21 May 2024 00:00:00 +0000 Strategi Efektif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1698 <p>Peran kepala madrasah sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Mereka memainkan peran strategis dalam memastikan standar pendidikan sekolah ditegakkan. Pemimpin lembaga pendidikan harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang efektif, menjadi sumber inspirasi, dan mendorong pertumbuhan mental dan moral bawahan mereka. Transformasi kepemimpinan mereka melampaui aturan tertulis, mencakup perilaku, karakter, dan kepemimpinan dengan memberi contoh. Pemimpin harus melihat bawahan mereka sebagai mitra dalam pekerjaan mereka untuk menghilangkan kesewenang-wenangan dan ketidakadilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kepustakaan.</p> Tri Heriyanto, Ismail Ismail, Akhmad Muadin Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1698 Sun, 02 Jun 2024 00:00:00 +0000 Kontribusi Guru Dalam Inovasi Dan Pengembangan Kurikulum Untuk Pendidikan Yang Dinamis https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1614 <p>Tujuan penelitian ini adalah mensintesis literatur yang ada untuk mengeksplorasi peran beragam guru dalam pengembangan kurikulum. Metode yang digunakan adalah studi literatur untuk menggambarkan berbagai dimensi keterlibatan guru dalam pengembangan kurikulum serta menggambarkan implikasi praktis dan manfaat dari proses kurikulum kolaboratif. Hasil yang diharapkan mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kontribusi beragam guru dalam pengembangan dan implementasi kurikulum, serta wawasan mengenai strategi efektif untuk memanfaatkan lembaga guru guna meningkatkan hasil pendidikan. Dengan menjelaskan berbagai dimensi keterlibatan guru dalam pengembangan kurikulum. Hal ini berkontribusi pada wacana yang sedang berlangsung mengenai profesionalisme guru dan reformasi pendidikan, dengan menekankan potensi transformatif dari inisiatif yang dipimpin guru dalam membentuk masa depan pendidikan.</p> Dyan Widya Agustina, Yanti Restiawati, Alma Aprilia Wahyuli, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1614 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 Tata Kelola Pendidikan: Supervisi Proaktif Kepala Sekolah Untuk Pembinaan Kompetensi Guru https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1620 <p>Kegiatan analisis ini bertujuan dalam mengekplorasi peran yang dimainkan oleh supervisor kepala sekolah di dalam upaya peningkatan kemampuan profesional guru serta mengidentifikasi strategi efektif yang digunakan dalam proses tersebut. Konteks penelitian didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan berkualitas memerlukan pendidikan yang memiliki kemampuan profesional yang secara baik, dan supervisor kepala sekolah berperan penting dalam memfasilitasi pengembangan kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi peran supervisor kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru serta strategi efektif yang digunakan oleh mereka untuk mendukung pengembangan kompetensi guru. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan dengan melakukan wawancara secara kualitatif komprehensif terhadap supervisor kepala sekolah dan guru yang menjadi obyek pengamatan. Menganalisis data yang dikumpulkan secara tematik serta diidentifikasikan susunan kalimat dan pokok pikiran terkait peran dan strategi supervisor kepala sekolah dalam upaya peningkatan kemampuan profesional guru. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya peran supervisor kepala sekolah terhadap upaya pembinaan guru dan juga akan memberikan wawasan yang berharga tentang strate</p> Basuni Basuni, Rina Malini, Matius Julianes, Ariantho Arruan, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1620 Tue, 04 Jun 2024 00:00:00 +0000 Dynamics Of Educational Supervision And Its Impact On Teacher Professionality: A Literature Review https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1699 <p>This paper delves into the pivotal role of educational supervision in facilitating ongoing professional development for teachers amidst the rapidly evolving educational landscape, characterized by diverse learning needs. Effective supervision, beyond enhancing teaching performance, empowers teachers to adapt their practices to meet the ever-changing needs of students, thus underpinning the importance of understanding educational supervision dynamics and their impact on teacher professionalism. The shift towards more collaborative and learning-oriented supervision approaches fosters a partnership between supervisors and teachers, promoting a supportive environment conducive to reflective practice and idea exchange. Furthermore, the integration of technology in educational supervision has emerged as a crucial factor in enriching professional development opportunities. Through a comprehensive literature review, this study aims to provide insights into current supervision dynamics, focusing on collaborative approaches, the role of technology, and strategies designed to bolster teacher professionalism. The synthesis presented aims to identify ways in which educational supervision can contribute to a more adaptive and sustainable learning environment, benefiting both teachers and students</p> <p><strong>Keywords</strong>: Educational Supervision; Teacher Professional Development; Collaborative Approach; Technology in Supervision; Teacher Professionalism.</p> Muhammad Subni, Esther Naomi Samosir, Septi Indrawani Turan, Fitrianti Fitrianti, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1699 Wed, 05 Jun 2024 00:00:00 +0000 Optimalisasi Kualiatas Pendidikan Melalui Pendekatan Supervisi dan Inovasi Pembelajaran di Sekolah https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1690 <p>Peran pengawasan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lembaga pendidikan tidak boleh dianggap remeh. Keterlibatan yang proaktif dari pimpinan sangat penting untuk meningkatkan standar pendidikan dan menjamin tingkat profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pendidik. Pelatihan ini menyediakan bimbingan yang diperlukan untuk mendukung kepala sekolah dan guru dalam mengoptimalkan potensi mereka serta menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pengembangan profesional. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Dalam konteks institusi pendidikan, pengawasan yang efektif menjadi elemen penting yang diperlukan di semua tingkatan pendidikan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, dan mencapai target pendidikan nasional untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas di semua lembaga pendidikan. Untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi, keberadaan guru dengan keahlian dan tingkat profesionalisme yang tinggi sangatlah penting. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana supervisi pendidikan dapat berpengaruh secara positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.</p> Maisaroh Maisaroh, Devita Sindy Ninthia, Septy Indah Pratiwi, Nancy C.O.M Pelealu, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1690 Thu, 06 Jun 2024 00:00:00 +0000 Transformasi Profesionalisme Guru : Strategi Pengembangan Profesi Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Efektivitas Pembelajaran https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1666 <p>Salah satu upaya dalam pengembangan profesi guru dengan cara peningkatan dan pengembangan keterampilan dapat diperoleh melalui proses pembelajaran. Pengembangan profesional guru dipelajari dan disajikan dalam sastra relevan di banyak berbeda cara. Kinerja guru dalam Pendidikan diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru sebagai factor pengembangan profesi guru. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data terkait pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik atau analisis kualitatif untuk mendapatkan hasil yang valid dan objektif Studi literatur: Melibatkan pengumpulan dan analisis berbagai buku, jurnal, dan literatur terkait untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa , pengembangan profesi guru dan kinerja guru merupakan dua aspek penting dalam memajukan dunia penididikan, yang saling terkait dalam upaya meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran. Upaya pengembangan profesi guru dan peningkatan kinerja guru perlu terus didorong agar pendidikan dapat memberikan dampak yang positif dan berkualitas bagi peserta didik serta masyarakat secara luas.</p> Aldila Prillia Putri, Wienda Ratnasari, Tama Roma P Sianturi, Nurhayati Aida, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1666 Thu, 06 Jun 2024 00:00:00 +0000 Transformasi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era Globalisasi : Membangun Kekuatan Kompetitif dan Adaptif https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1675 <p>Penelitian ini menginvestigasi transformasi sumber daya manusia di bidang pendidikan dalam era globalisasi berfokus pada pembangunan kekuatan kompetitif dan adaptif serta mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik yang dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan adaptasi tenaga pendidik dan pelajar dalam menghadapi tantangan global.Melalui studi literatur yang cermat, ditemukan bahwa peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan adaptasi para pendidik dan pelajar memiliki peran krusial dalam memperkuat keunggulan kompetitif. Strategi-strategi seperti pelatihan berkala, integrasi teknologi dalam pendidikan, pengembangan kurikulum yang responsif, serta kolaborasi dengan industri dan program pertukaran internasional, menjadi fokus utama. Kesimpulannya, transformasi manajemen sumber daya manusia pada lembaga pendidikan diperlukan dengan pendekatan strategis untuk meningkatkan kompetensi dan adaptabilitas, menghadapi perubahan teknologi, ekonomi, dan dinamika sosial yang cepat di era globalisasi.</p> Dewi Riana, Herina Mariana Purba, Riska Riani, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1675 Fri, 07 Jun 2024 00:00:00 +0000 Metode Supervisi Klinis Terintegrasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1703 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Metode Supervisi Klinis Terintegrasi sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan efektivitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang mencakup identifikasi kebutuhan supervisi guru melalui wawancara mendalam dan observasi di lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, lalu dianalisis secara tematik, serta model disempurnakan melalui refleksi berkelanjutan dan masukan dari pemangku kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan potensi model dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan fokus pada profesionalisme guru dan pencapaian siswa. Kesimpulannya, Model Supervisi Klinis Terpadu diharapkan dapat memperkuat praktik pengajaran guru dan pemahaman mereka terhadap kebutuhan siswa, serta menjadi landasan yang kuat untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Rekomendasi untuk penelitian mendatang mencakup pengujian efektivitas model secara lebih luas dan dalam berbagai konteks pendidikan.</p> Kamaluddin Kamaluddin, Febry Budiman Rahmadani, Feni Indah Rianti, Fitriani Fitriani, Warman Warman Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1703 Fri, 07 Jun 2024 00:00:00 +0000