Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar

Authors

  • Perawati Bte Abustang Universitas Megarezky’ Indonesia
  • Waddi Fatimah Universitas Megarezky’ Indonesia
  • Muh Khaedar Universitas Megarezky’ Indonesia
  • Natalia Rahayaan Universitas Megarezky’ Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24903/sjp.v3i2.1288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan media visual pada siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb SD Inpreas Bangkala III yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari laki-laki 20 siswa dan perempuan 10 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Hasil data dianalisis secara deskriptif dan inferensial di peroleh nilai rata-rata aktivitas guru adalah 3,3 dengan kategori baik dan aktivitas siswa adalah 3,3 dengan kategori baik. dan hasil data independent sampel test sig (2-tailed), diperoleh nilai variabel X = .000 dan Y = .000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti ada perbedaan dari variabel Y dan X. sehingga H1 bisa diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kreativitas guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan medis visual pada siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar.

Published

27-02-2023

How to Cite

Abustang, P. B., Fatimah, W. ., Khaedar, M., & Rahayaan, N. (2023). Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 3(2), 149–154. https://doi.org/10.24903/sjp.v3i2.1288