PENANAMAN MINAT BERTANI PADA SISWA TK MELALUI APLIKASI EDUTANI

  • Sugeng Santoso Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ivan Hadi Prawira Negara Universitas Pendidikan Ganesha
Abstract views: 43 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 24

Abstract


Minat bertani generasi muda semakin lama semakin menurun. Padahal, pertanian merupakan unsur yang penting dalam menjaga ketahanan pangan negara. Penelitian ini bertujuan untuk membuat gagasan aplikasi penanaman minat bertani untuk generasi muda. Aplikasi tersebut adalah Edutani, yang ditujukan pada siswa TK. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksploratif-kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk melihat aplikasi-aplikasi serupa, sedangkan wawancara digunakan untuk mencari respons sasaran terhadap Edutani. Adapun objek yang diwawancarai adalah siswa RA Ath-Thooriq Singaraja. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Edutani memiliki empat menu permainan. Adapun tahap-tahap dalam merancang Edutani adalah analisis fenomena, perumusan solusi, pegenalan pada sasaran, dan penulisan karya tulis. Respons sasaran terhadap gagasan aplikasi Edutani cukup baik. Serta, untuk memaksimalkan penanaman minat bertani pada anak, diperlukan peran dari dinas terkait, guru, dan orang tua untuk mengadakan praktik langsung, baik di sekolah atau pun di rumah.

Published
2021-07-04
How to Cite
Sugeng Santoso, & NegaraI. H. P. (2021). PENANAMAN MINAT BERTANI PADA SISWA TK MELALUI APLIKASI EDUTANI. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 82-89. https://doi.org/10.24903/sjp.v2i1.733