Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Lectora Inspire pada Materi Sistem Injeksi PGM-FI untuk Siswa Teknik Kendaraan Ringan

Authors

  • Rizal Justian Setiawan Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mahda Enja Al Hudha Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24903/sjp.v2i1.753

Abstract

Perkembangan teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) merupakan salah satu pengembangan yang ada pada bidang otomotif saat ini. Sistem EFI pada merk Honda dikenal dengan nama PGM-FI (Programmed Fuel Injection Technology). Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan media yang tepat pada proses pembelajaran materi PGM-FI di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penelitian pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada Materi Sistem Injeksi PGM-FI dan mengetahui kelayakan media untuk Siswa Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) menggunakan model MDLC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memilki lima menu yaitu tentang media, petunjuk, materi, soal evaluasi, dan daftar pustaka. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli, kelayakan media mendapatkan kategori sangat layak dengan rerata score 3,35 dan hasil uji coba pada respon siswa mendapat kategori sangat layak dengan score rerata 3,30.

Published

04-07-2021

How to Cite

Setiawan, R. J. ., & Hudha, M. E. A. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Lectora Inspire pada Materi Sistem Injeksi PGM-FI untuk Siswa Teknik Kendaraan Ringan. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.24903/sjp.v2i1.753