SOSIALIASASI CUSTOMER SATISFACTION DAN JUAL BELI DALAM ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM SAMARINDA

Authors

  • Novel Reonald a:1:{s:5:"en_US";s:40:"Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda";}
  • Fadilah Dani Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i1.1028

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku usaha dalam memberikan sosialisasi Customer Satisfaction Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM. Kepuasan Pelanggan merupakan kunci utama untuk meningkatkan dan mempertahankan keuntungan jangka panjang. Faktor kunci inilah yang mampu melahirkan loyalitas pelanggan, menumbuhkan citra positif perusahaan dan mampu membentuk daya saing yang paling efektif.  Informasi aktual mengenai ekspektasi atau harapan pelanggan dan persepsi pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sangat dibutuhkan sebagai dasar tindakan perbaikan atau perubahan untuk mengeliminasi ketidaksesuaian yang telah menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. Tahapan ini dimulai dengan berdiskusi dengan pemiliki umkm di Kota Samarinda.

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Articles