KELAS AKHIR PEKAN: PENGAPLIKASIAN DESCRIPTIVE REVIEW DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA EKSTENSIVE DI PROGRGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i1.1074Kata Kunci:
membaca, membaca ekstensif, descriptive review, extensive readingAbstrak
Sebagai salah satu dari empat kereampilan berbahasa Inggris, membaca merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris. Membaca ekstensif atau yang biasa disebut dengan Extensive Readin) merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Membaca ekstensif bertujuan untuk menciptakan bacaan yang menyenangkan bagi siswa, untuk meningkatkan minat membaca mereka terutama membaca bahasa Inggris. Hasil penelitian oleh Pane (2022) menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap kegiatandescriptive review dalam mata kuliah Extensive Reading. Oleh sebab itu, pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat membuat sebuah kelas di akhir pekan dengan tema ekstensive reading dengan metode descriptive review, bertujuan untuk menambah motivasi siswa dalam membaca, karena dalam metode ini, mahasiwa merasa dlibatkan dalam lingkungan yang menyenangkan di kelas.