BIMBINGAN BELAJAR MEMBACA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 014 MUARA BADAK DESA BUDAYA SUNGAI BAWANG

Penulis

  • Samsul Adianto Widya Gama Mahakam Samarinda University

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i2.1150

Abstrak

Abstrak
â€Dengan membaca buku, engkau mampu menjelajahi dunia tanpa harus meninggalkan kursimuâ€. Pepatah itu disampaikan Plummer terkait betapa pentingnya membaca. Kemampuan membaca tentu menjadi tuntutan utama bagi semua orang. Dengan membaca, seseorang dapat mengetahui banyak hal seperti sejarah, berita, dan informasi. Membaca menjadi salah satu kompetensi dasar yang dipelajari siswa sejak sekolah dasar. Belajar membaca bukanlah suatu hal yang mudah. Seringkali, siswa diperhadapkan pada permasalahan yang ada di dalam dan di luar dirinya sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan membaca pada siswa kelas IV di SDN 014 Muara Badak Desa Budaya Sungai Bawang, dan pelaksanaan bimbingan belajar membaca serta hasil pelaksanaan bimbingan belajar membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman membaca, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar membaca pada siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, yaitu siswa belum mampu menghafal huruf A-Z, sulit membedakan huruf yang hampir sama, dan sulit mengeja huruf. Selain itu, kurangnya dorongan, perhatian, dan bimbingan dari orangtua, dan kurang maksimalnya guru ketika mengajar di kelas menjadi hambatan bagi siswa untuk belajar membaca. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan kegiatan bimbingan belajar membaca bagi siswa yang berkesulitan belajar membaca. Hasil dari pelaksanaan bimbingan belajar membaca adalah kemampuan siswa dalam membaca mengalami peningkatan, yaitu siswa mampu mengeja dan menjadi percaya diri selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: Kesulitan membaca, bimbingan belajar membaca
Abstrak
“By reading books, exploring the world without ever leaving your chair.†Plummer conveyed the adage regarding the great importance of reading. The ability to read is certainly a top priority for everyone. By reading, one can know many things such as history, news, and information. Reading is one of the basic competencies learned since elementary school. learn something easy. Sometimes, students are faced with problems that exist inside and outside themselves, causing students to have difficulty learning to read. This study aims to determine the causes of reading difficulties in fourth grade students at SDN 014 Muara Badak, Sungai Bawang Culture Village, and the implementation of tutoring and the results of the implementation of reading tutoring. This type of research is a qualitative research with descriptive method. Data collection techniques in this study used interview techniques, test techniques, and documentation. Data analysis techniques in this study were reading comprehension tests, interview sheets, and documentation. The results showed that the difficulty oflearning to read in students was influenced by internal factors and external factors, namely students were not able to memorize letters A-Z, had difficulty distinguishing letters that were almost the same, and had difficulty spelling letters. In addition, the encouragement, attention, and guidance from parents, and the less than optimal teacher when teaching in class are obstacles for students to learn to read. Therefore, researchers carry out reading tutoring activities for students who have difficulty learning to read. The result of the implementation of reading tutoring is that students' ability to read has increased, namely students are able to spell and become confident during the learning process.
Keywords: Reading difficulties, reading tutoring.

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Articles