Edukasi, Mobile JKN-KIS Edukasi Penggunaan Teknologi Berbasis Mobile Jkn-Kis Pada Masyarakat Kelurahan Karang Mumus Kota Samarinda

Indonesian

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v3i1.1163

Kata Kunci:

EdukasiMobile JKN-KIS, Lansia

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat yang terdaftar dikantor sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang masih kesulitan mengakses sistem aplikasi mobile (JKN) yang bermukim di Jalan Muso Salim gang 11 Kelurahan Karang Mumus Kota Samarinda. Metode yang digunakan melalui pendekatan psikososial bertindak sebagai fasilitator yang bertujuan memberikan edukasi penggunaan aplikasi Mobile (JKN) secara perorangan.langkah strategi yang diambil adalah memberikan pengetahuan serta menambah pemahaman penggunaan aplikasi mobile (JKN). Partisipan dalam populasi ini berjumlah 8 orang melalui pendekatan perorangan dengan sistem “jemput bola†dari rumah-kerumah door to door.Hasil Pengabdian diperoleh data sebagian para peserta JKN-KIS memahami beberapa fitur menu faskes pendaftaran rujuk Dokter mau Rumah Sakit, menu mengubah data kepesertaan,faskes pindah dokter spesialis,faskes pindah kelas,serta menu fitur sistem pembayaran maupun penanda jatuh tempo pembayaran.  , hal ini dibuktikan beberapa anggota keluarga sudah dapat mengkases Mobile JKN secara baik dan lancar namun ada beberapa hambatan di lapangan pada beberapa warga (Lansia) yang kesulitan mengkases aplikasi melalui Smartphone dikarenakan tata cara dan fitur penawaran fasilitas kesehatan pada aplikasi Mobile (JKN) sangat banyak dan ditambah kesulitan penglihatan panca indera mata sehingga diberikan ide 6 (enam) solusi alnternatif pemecahan masalah penggunaan aplikasi Mobile JKN-KIS.

Kata Kunci : Edukasi , Mobile JKN-KIS

Diterbitkan

2023-08-04

Terbitan

Bagian

Articles