PERAN ETNOMATEMATIKA DAN LITERASI MATEMATIKA DI SEKOLAH UNTUK PELESTARIAN BUDAYA

Penulis

  • Nurdin Arifin Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i2.1248

Kata Kunci:

etnomatematika, literasi matematika, computational thinking, sekolah

Abstrak

Konteks budaya kegiatan etnomatematika memungkinkan guru sebagai pendidik untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang budaya mereka sendiri dan budaya lain, mendukung pembentukan identitas budaya mereka, dan mempromosikan kesadaran dan keterbukaan multikultural. Selain itu, budaya dapat dikaitkan dengan literasi. Pada matematika, literasi yang dimaksud merupakan literasi matematika. Literasi matematika merupakan pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan matematika dasar setiap hari seperti untuk mengomunikasikan baik secara lisan ataupun tulisan, menalar, dan memecahkan masalah. Pada akhirnya dimana peserta didik mampu memahami konten dan konteks dalam pembelajaran matematika. Pengabdian ini dilaksanakan di SMAN 9 Samarinda yang dimana pesertanya yakni kelas X. Metode dalam kegiatan pengabdian ini dilaksanakan yakni dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta didik bukan hanya mendapatkan materi namun juga berlatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan literasi dan kemampuan komputasional yang diharapkan mereka nantinya terus berlatih dan berkembangnya kemampuan mereka dalam analisis dan pemecahan masalah serta sebagai persiapan untuk menghadapi soal AKM di kelas XI nantinya.

Diterbitkan

2023-02-23

Terbitan

Bagian

Articles