PENGUATAN PEMAHAMAN BANGUN DATAR DENGAN MEDIA TANGRAM DALAM UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN PROBLEM SOLVING SKILLS PESERTA DIDIK

Penulis

  • Nurdin Arifin Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jpkpm.v3i1.1392

Kata Kunci:

tangram, problem solving skilss, bangun datar

Abstrak

Mengaitkan bangun geometri datar dengan teka-teki Tangram membuat anak-anak dalam belajar geometri untuk membantu mempromosikan interaksi teman sebaya dan menstimulasi pemikiran tingkat tinggi dan kreativitas siswa menuju pemecahan masalah geometri, meningkatkan keyakinan anak-anak terhadap masalah pemecahan masalah, dan memberi manfaat bagi setiap anak untuk berbagi sumber daya, dan konteks pembelajaran yang saling bergantung secara positif secara alami dapat dikembangkan dalam pembelajaran. Pada akhirnya peserta didik mampu memanipulasi tangram. Pengabdian ini dilakukan di SMAN 9 Samarinda yang dimana pesertanya yakni kelas XI. Metode dalam kegiatan pengabdian ini dilaksanakan yakni dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta praktik dengan tangram untuk membuat suatu bentuk, serta akhirnya peserta didik mampu mengkomunikasikan kepada teman-temannya bagaimana menyusun bentuk tersebut.

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Articles