PENGUATAN METODE TANYA JAWAB SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SDN 005 MUARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Penulis

  • Nur Agus Salim Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Febrianti Maria Agustina Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Kata Kunci:

metode tanya jawab, hasil belajar

Abstrak

Kegiatan mengajar materi ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V-A di SDN 005 Muara Jawa, diketahuai bahwa sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat menyampaikan materi pembelajaran, dan siswa terlihat pasif di dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan mengajar ini dilakukan dengan metode tanya jawab. Tujuan dari kegiatan mengajar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa serta siswa menjadi lebih aktif bertanya dan menjawab dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan mengajar yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan mengajar ini yaitu bertambahnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai materi ilmu pengetahuan alam serta siswa menjadi lebih aktif bertanya dan menjawab. Kesimpulan dari kegiatan mengajar ini adalah penggunaan metode tanya jawab dalam penyampaian materi dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa (hasil belajar) serta siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles