PENGUATAN METODE TANYA JAWAB SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SDN 005 MUARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA
Kata Kunci:
metode tanya jawab, hasil belajarAbstrak
Kegiatan mengajar materi ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V-A di SDN 005 Muara Jawa, diketahuai bahwa sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat menyampaikan materi pembelajaran, dan siswa terlihat pasif di dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan mengajar ini dilakukan dengan metode tanya jawab. Tujuan dari kegiatan mengajar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa serta siswa menjadi lebih aktif bertanya dan menjawab dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan mengajar yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan mengajar ini yaitu bertambahnya pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai materi ilmu pengetahuan alam serta siswa menjadi lebih aktif bertanya dan menjawab. Kesimpulan dari kegiatan mengajar ini adalah penggunaan metode tanya jawab dalam penyampaian materi dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa (hasil belajar) serta siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.