LOMBA MEMBUAT CERITA ANAK SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
DOI:
https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i2.812Abstrak
Kompetensi profesional guru adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Kemampuan menulis cerita dapat menjadi salah satu cara guru untuk mengembangkan materi pelajaran secara kreatif, terutama untuk guru yang menggeluti dunia pendidikan anak usia dini. Metode bercerita adalah salah satu cara menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran dan merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK. Proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru di PAUD/TK saat ini belum cukup maksimal dalam hal kreativitas mengembangkan materi pelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih seputar bernyanyi, belajar mengenal huruf dan angka yang kurang memadukan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sekaligus. Guru pun masih banyak yang mengalami masalah dalam menulis dan membuat cerita dengan benar. Untuk itulah, lomba membuat cerita anak dapat menjadi salah satu cara guru untuk mengembangkan kompetensi profesional, khususnya dalam hal mengembangkan materi pelajaran yang diampu dengan kreatif. Lomba dilaksanakan selama 2 hari. Cerita yang dikirimkan peserta cukup sesuai untuk anak usia dini. Durasi cerita tidak panjang dan mengambil tema dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa peserta menggunakan tokoh utama hewan untuk mempermudah anak memahami cerita. Nilai moral yang diselipkan dalam cerita pun cukup sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak usia dini.