Workshop “Teknik Penulisan Skripsi†Untuk Meningkatkan Self-Eficacy Mahasiswa Semester Akhir
DOI:
https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i1.863Kata Kunci:
Teknik penulisan skripsi, Self-efficacyAbstrak
Sebagai mahasiswa tingkat akhir dalam menempuh pendidikan strata satu tugas yang wajib diselesaikan adalah mengerjakan skripsi. Saat mengerjakan skripsi mahasiswa banyak sekali mengalami hambatan, baik itu di dalam diri sendiri maupun pengaruh dari lingkungan. Dalam hal ini mahasiswa membutuhkan niat yang kuat dan semangat dalam mengatasi setiap hambatan yang muncul dalam mengerjakan skripsi. Mahasiswa membutuhkan keyakinan agar dapat menyelesaikan skripsinya dengan baik dan menggunakan waktu dengan efektif. Menurut Bandura (Permana dkk., 2016) Self-efficacy merupakan keyakinan seseorang mampu melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dan mengatasi rintangan. Untuk meningkatkan Self-efficacy mahasiswa semester akhir ini, peneliti melakukan workshop “Teknik Penulisan Skripsi†untuk meningkatkan Self-efficacy mahasiswa. Workshop “Teknik penulisan skripsi†ini harapannya sebagai pembekalan pada mahasiswa agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis skripsi. Jika mahasiswa memiliki kemampuan dalam teknik penulisannya skripsi, harapannya mahasiswa mmemiliki keyakinan untuk dapat menyelesaikan skripsi dengan baik. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Bruder & Furey (Solikhah, 2014) Academic writing membantu mahasiswa dalam menguasai salah satu kemampuan menulis yang sesuai dengan penutur aslinya dan menulis hasil penelitian. Jika mahasiswa sudah menguasai teknik penulisan skrisi ini, harapannya mahasiswa dapat lebih mudah dalam melakukan penyelesaian skripsi.