KOMPETENSI PEDAGOGI GURU KELAS II DI SDN 020 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Nur Agus Salim Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Abdul Rohman Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Natalia Gita Intan Trinovia Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dalam menyampaikan materi dan mentransfer ilmu pengetahuan pada siswa di SD Negeri 020 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, metode yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam triangulasi ini adalah triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang akan diperoleh melalui tiga sumber. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di kelas II SDN 020 Samarinda Utara, terdapat kendala dan keterbatasan dalam keterampilan mengajar guru di kelas, adalah seperti guru kurang memahami metode pegajaran, kurang memahami materi pada pembelajaran tematik, dan kurang pemahaman dalam menyampaikan materi. Hal ini yang menyebabkan adanya kendala dalam keterampilan mengajar guru di kelas, sehingga membuat proses pembelajaran berjalan kurang maksimal. Keterampilan mengajar guru merupakan kunci utama keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu keterampilan mengajar bagi guru perlu untuk dikembangkan lebih baik lagi.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Nur Agus Salim, Hani Subakti, Abdul Rohman, & Natalia Gita Intan Trinovia. (2022). KOMPETENSI PEDAGOGI GURU KELAS II DI SDN 020 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 28–37. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1020

Issue

Section

Articles