PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SD NEGERI 024 SAMARINDA UTARA TAHUN 2022

Authors

  • Afdal Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Muhammad Fatir Atfal Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menggunakan permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika pada siswa/i kelas III C SDN 024 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Tiap siklus meliputi : kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. pembelajaran yang menggunakan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 024 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2022/2023, pada pelajaran matematika materi tentang penjumlahan dan pengurangan. Penerapan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, dengan persentase ketuntasan siswa yang mendapat nilai diatas KKM 75 yaitu siklus I 63,3% dan siklus II 83,3%. Penerapan permainan tradisional engklek sangat cocok diterapkan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Hasil belajar siswa meningkat dari hasil sebelumnya. Karena di permainan ini siswa melakukan kerja sama dengan siswa – siswa lainnya dan guru sebagai fasilitator untuk menjelaskan yang belum dipahami.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Afdal, & Muhammad Fatir Atfal. (2022). PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SD NEGERI 024 SAMARINDA UTARA TAHUN 2022. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 183–191. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1171

Issue

Section

Articles