Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Kota Batusangkar

Authors

  • Nur Astri Fifani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Safrizal Safrizal Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Fadriati Fadriati Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v8i1.1216

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kusulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di sekolah dasar khususnya pada kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV sekolah dasar . Instrument kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, namun peneliti juga menggunakan alat bantu berupa kamera dan juga instrument wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka salah satunya yaitu tidak pahamnya guru terhadap cara penerapan kurikulum merdeka, selain itu guru kesulitan dalam menyusun penilaian dan juga guru kesulitan dalam memetakan kemampuan siswa.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Fifani, N. A., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Kota Batusangkar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.24903/pm.v8i1.1216

Issue

Section

Articles