Dampak Teknik Pembelajaran Trifokus Steve Snyder terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di UPT SPF SD Inpres Manggala

Authors

  • Sri Regina Amir Gina Universitas Mega Rezky Makassar
  • Eka fitriana Hs Universitas Mega Rezky Makassar
  • Jusmawati Universitas Mega Rezky Makassar
  • Muh. Khaedar Universitas Mega Rezky Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran trifokus steve snyder terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Manggala. Jenis dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas III A yang terdiri dari 33, adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (keterampilan membaca pemahaman), observasi dan angket. Hasil analisis deskriptif aktivitas guru dengan nilai rata-rata 3 dalam kategori baik, aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 2,8 dalam kategori baik dan keterampilan membaca pemahaman dengan nilai rata-rata 2,8 dalam kategori baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa adanya pengaruh teknik pembelajaran trifokus steve snyder terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Manggala dengan nilai sig 0,027 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah teknik pembelajaran trifokus steve snyder berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Manggala.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Gina, S. R. A., Eka fitriana Hs, Jusmawati, & Muh. Khaedar. (2024). Dampak Teknik Pembelajaran Trifokus Steve Snyder terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III di UPT SPF SD Inpres Manggala. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1415

Issue

Section

Articles