PENGARUH PENERAPAN MEDIA RITATOON LACI SIKLUS AIR SEBAGAI MEDIA LITERASI VISUAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Authors

  • She Fira Azka Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Feby Yolla Fitria Universitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ritatoon laci siklus air terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan Tru-Experimental Design tipe Pretest-posttest control Group Design. Tempat penelitian ini di MINU Kedungrejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo. Teknik sampel yang digunakan yaitu Teknik Purposive Sampling, adapun sampel yang diambil berjumlah 54 siswa, yaitu 27 siswa kelas V-B dan 27 siswa kelas V-C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas Cronbach’s Alpha melalui SPSS 26 pada instrumen sebelum digunakan, teknik analisis persentase dan mean, uji independent sample t-test, serta uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media ritatoon laci siklus air diperoleh hasil 95,4% tergolong “sangat baik”. Hasil nilai kelas kontrol 76,57% tergolong “sangat tinggi” dan hasil nilai kelas eksperimen 80,83% tergolong “sangat tinggi”. Hasil uji independent sample t-test diketahui rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,83 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 76,57. Selain itu, nilai sig. (2-tailend) sebesar 0.000<0,05 dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata keterampilan berbicara siswa yang menerapkan dan tidak menerapkan media ritatoon laci siklus air. Hasil korelasi pearson diperoleh sebesar r = 0,591 berada pada 0,40-0,599 nilai tersebut menunjukan pada tingkat hubungan yang sedang.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Arifin, S. F. A., & Fitria, F. Y. (2023). PENGARUH PENERAPAN MEDIA RITATOON LACI SIKLUS AIR SEBAGAI MEDIA LITERASI VISUAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 63–69. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1552

Issue

Section

Articles