Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar

Authors

  • Sundari Hamid Universitas Bosowa
  • Rosnani Rosnani Universitas Bosowa
  • St. Muriati Universitas Bosowa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Mongisidi 4 kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, Populasi penelitian sebanyak 215 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter gemar membaca dan  mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa, hal ini berdasarkan nilai Asymptotic Sig sebesar 0,000 yang artinya kurang dari Sig alpha yang ditentukan yaitu 5% (0,05) maka ada pengaruh yang signifikan implementasi karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Hamid, S., Rosnani, R., & Muriati, S. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 9–13. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1638

Issue

Section

Articles