Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Muara Kaman

Authors

  • Siti Subaidah SMA Negeri 1 PPU
  • Muhammad Aripin SMA Negeri 3 Kota Bangun
  • Agus Prihanto SMK Negeri 6 Balikpapan
  • Warman w Universitas Mulawarman

Abstract

Dalam lembaga pendidikan, sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen sistem manajemen; elemen-elemen ini memainkan peran penting dalam organisasi, institusi, atau sekolah mana pun. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan yang ada, antara lain kurangnya materi pembelajaran dan belum optimalnya pengelolaan aset infrastruktur. Para peneliti dalam penelitian ini mengandalkan metodologi deskriptif kualitatif. Sebagian besar proses perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan pembuangan telah terlaksana dengan baik, menurut penelitian dan analisis data pengelolaan sarana dan prasarana SMP Negeri 1 Muara Kaman bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Perencanaan pembelajaran secara umum berhasil, pelaksanaan pembelajaran secara umum efektif, dan hasil pembelajaran secara umum berupa pencapaian prestasi siswa pada ranah sikap, perilaku, pengetahuan, dan keterampilan; kesemuanya sangat dipengaruhi oleh kualitas pengelolaan sarana dan prasarana sekolah dalam hal ini.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Subaidah, S., Aripin, M., Prihanto, A., & w, W. (2024). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Muara Kaman . Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 85–90. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1739

Issue

Section

Articles