Analisis Kebijakan Pembiayaan Pendidikan Tingkat SMP di Indonesia: Tantangan dan Strategi Penanganan
Abstract
Penelitian ini mengkaji perbedaan kebijakan pendanaan pendidikan di SMP antara wilayah perkotaan dan pedesaan di Indonesia, dengan fokus pada studi kasus dari daerah-daerah dengan disparitas signifikan dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD). Analisis data kuantitatif dan kualitatif serta tinjauan literatur digunakan untuk mengidentifikasi ketimpangan distribusi dana pendidikan antar wilayah. Wilayah pedesaan menunjukkan tantangan infrastruktur pendidikan terbatas, penggunaan anggaran yang tidak efisien, dan kesenjangan akses pendidikan dibandingkan dengan perkotaan. Analisis SWOT menyoroti potensi akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat sebagai kekuatan, tetapi juga menunjukkan kebutuhan akan investasi awal yang signifikan dan potensi resistensi terhadap perubahan sebagai kelemahan dan ancaman. Strategi yang direkomendasikan meliputi peningkatan transparansi dalam alokasi dana dan kolaborasi lintas sektor untuk mengatasi tantangan tersebut dan mempromosikan kesetaraan akses pendidikan di seluruh Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.