Implementasi Pendekatan Joyful Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 3 Banjarangsana

Authors

  • Yuni Setiawati Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Nana Sutarna Universitas Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang implementasi pendekatan Joyful Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Banjarangsana, sehingga diperoleh informasi secara empiris. Pendekatan kuantitatif dengan pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dipilih sebagai metode dalam penelitian ini. Metode ini digunakan dengan tes awal (pretest) untuk mengetahui keadaan awal, setelah itu diberi tes akhir (posttest). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 3 Banjarangsana dengan sampel berjumlah 25 peserta didik, 15 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes dan dokumentasi. Dengan instrumen penelitian berupa pretest dan posttest. Serta menggunakan teknik analisis data berupa uji hipotesis untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan sebagai pengujian hipotesis penelitian yang dikemukakan. Dari data yang diperoleh dalam penelitian, maka dilanjutkan dengan menulis data kemudian ditarik kesimpulan dengan menggunakan statistik parametrik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan signifikan pada peserta didik yang diketahui dari hasil pretest, nilai rata-rata peserta didik adalah 51,33% sedangkan hasil rata-rata posttest adalah 82,08 dan dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaaan pendekatan Joyful Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Banjarangsana.

Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Joyful Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Yuni Setiawati, & Nana Sutarna. (2024). Implementasi Pendekatan Joyful Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 3 Banjarangsana. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 143–150. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1824

Issue

Section

Articles