Evaluasi Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP PGRI 1 Samboja

Authors

  • Ambo Alang Universitas Mulawarman
  • Aloysius Hardoko Universitas Mulawarman
  • M. Amir Masruhim Universitas Mulawarman
  • Elsje Theodora Maasawet Universitas Mulawarman
  • Akhmad Akhmad Universitas Mulawarman
  • Yusak Hudiyono Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas instrumen penilaian keterampilan proses dalam mata pelajaran IPA Biologi di SMP PGRI 1 Samboja. Validitas isi dan konstruk diukur melalui analisis tingkat kesepakatan antara para ahli serta uji analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar item pada instrumen penilaian memiliki validitas isi yang baik, dengan tingginya tingkat kesepakatan para ahli mengenai kesesuaian item dengan kompetensi keterampilan proses yang diukur. Namun, beberapa item perlu direvisi untuk lebih jelas mendeskripsikan keterampilan yang diukur. Uji validitas konstruk menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki beberapa faktor yang sesuai dengan teori keterampilan proses sains, namun beberapa item tidak terbebani pada faktor yang diharapkan dan memerlukan perbaikan atau penghapusan. Instrumen yang disusun mencakup berbagai keterampilan proses yang relevan seperti mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, menggunakan angka, membuat hipotesis, memprediksi, menyusun variabel, menafsirkan data, dan mengeksperimen.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Alang, A., Hardoko, A., Masruhim, M. A., Maasawet, E. T., Akhmad, A., & Hudiyono, Y. (2024). Evaluasi Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP PGRI 1 Samboja. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 174–184. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1890

Issue

Section

Articles