Pengelolaan Kelas yang Ramah Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Implementasi

Pengelolaan Kelas yang Ramah Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Implementasi

Authors

  • Rini Fitriyani Rini Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Tifa Ramadhani Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Wulan Monalisa Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Annisa Qomariah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Abstract

Pengelolaan kelas yang ramah anak merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD). Konsep ini menekankan penciptaan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan stimulatif, guna mendukung perkembangan optimal anak. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep dan implementasi pengelolaan kelas yang ramah anak di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi di beberapa lembaga PAUD di Kutai Kartanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai besar lembaga PAUD telah menerapkan prinsip-prinsip kelas ramah anak, meskipun masih terdapat kendaa seperti keterbatasan sarana prasarana dan kapasitas guru. Diperlukan pelatihan berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak untuk mengoptimalkan implementasi konsep ini.

Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Ramah Anak, Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep dan Implementasi

 

Abstract

Child-friendly classroom management is an impotant aspect in improving the quality of early childhood education (PAUD). This concept emphasizes the creation of a safe, comfortable, inclusive, and stimulating learning environment, in order to support optimal child development. This article aims to examine the concept and implementation of child-friendly classroom management in PAUD. This study uses a descriptive qualitative method with observation, interview, and documentation study techniques in several PAUD institutions in Kutai Kartanegara. The result of the study indicate that most PAUD institutions have implemented the principles of child-friendly classes, although there are still obstacles such as limited facilities and infrastructure and teacher capacity. Continuous training and support from various parties are needed to optimize the implementation of this concept.

Keywords: Class Management, Child Friendly, Early Childhood Education, Concept and Implementation

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rini, R. F., Ramadhani, T., Monalisa, W., & Qomariah, A. (2025). Pengelolaan Kelas yang Ramah Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Implementasi: Pengelolaan Kelas yang Ramah Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Implementasi. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 143–148. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/2130

Issue

Section

Articles