Optimalisasi Hasil Belajar Shalat dan Zikir melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Samboja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 1 Samboja pada materi shalat dan zikir dalam kehidupan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VII, dengan data dikumpulkan melalui observasi, tes formatif, dan angket respon siswa, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan rumus persentase ketuntasan: P = (F/N) × 100% (Arikunto, 2009). Hasil pra-siklus menunjukkan ketuntasan belajar hanya 15% (3 siswa), dengan rata-rata nilai 79,92. Pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 80% (20 siswa) dengan rata-rata nilai 81,24, dan pada siklus II mencapai 96% (24 siswa) dengan rata-rata nilai 82,04, melampaui KKM 75 dan target penelitian 90%. Peningkatan ini didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan, keterlibatan aktif siswa, dan bimbingan tutor sebaya, sejalan dengan temuan Jufri dkk. (2021). Model Make A Match terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.