UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS V ( LIMA ) SD NEGERI 020 BABULU TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

sri hidayati* -  SD 020 Babulu

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn serta pengaruh motivasi belajar setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : tahap rancangan, tahap kegiatan dan pelaksanaan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) SD Negeri 020 Babulu tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu (47.3%), siklus I (73,68%) dan siklus II (89,48%).

Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa V (lima). Model pembelajaran ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.
  1. Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon .
  2. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secaraa Manusiawi. Jakarata: Rineksa Cipta
  3. Arikunto, Suharsimi. 2001.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
  5. Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
  6. Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
  7. Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Putra.
  8. Djamarah,Syaiful Bahri. 2002. psikologi belajar. Rineksa Putra.
  9. Hadi, Sutrisno. 1982. metodologi research, jilid I.yogayakarta: yp. Fak. Psikologi UGM.
  10. Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
  11. Hasibuan, JJ. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
  13. Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universiats Press.
  14. Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  15. Nur,Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya. University Press.Universitas Negeri Surabaya.
  16. Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya University Negeri.
  17. Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
  18. Rustiyah, N.K.1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Bina Aksara.
  19. Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
  20. Soekamto. Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
  21. Soetomo, 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
  22. Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  23. Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
  24. Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.
  25. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  26. Surakhamad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
  27. Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
  28. Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  29. Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-12-01
Published: 2019-04-22
Section: Articles
Article Statistics: 103 8