PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III DI SDN 027 SAMARINDA ULU

Gamar Al Haddar* -  Widya Gama Mahakam Samarinda University, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN 027 Samarinda Ulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas di laksanakan  tiga siklus. Setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 31 siswa, 21 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode peneltian Mixed Methods.

Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I perhatian siswa 66%, keaktifan 59%, kerjasama 60%, pemahaman 66%. Siklus II perhatian 70%, keaktifan siswa 74%, kerjasama siswa 72%, pemahaman 73%. Pada siklus III perhatian siswa 91%, keaktifan siswa 91% kerjasama 90%, pemahaman siswa 91%. Hasil wawancara pada siklus I, II, dan III peneliti mewawancarai 20 orang siswa dan hasil persentase yang menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing yaitu 100%. Berdasarkan prasiklus nilai tes belajar siswa dengan nilai rata-rata 61 dengan nilai persentase 40% dan pada siklus I yang tuntas 15 orang dengan persentase ketuntasan 48,38% dan meningkat pada siklus II yang tuntas 20 orang dengan persentase 64,51% dan kembali meningkat lagi pada siklus III yang tuntas 31 orang dengan persentase 100% . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar  mata pelajaran IPS pada siswa kelas III SDN 027 Samarinda Ulu.

  1. Abu Ahmadi, Widodo S. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Andayani. (2015). Problem dan Aksioma Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogjakarta: Deepublish.
  4. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Arikunto, S. (2016) Penelitian Tindakan Kelas (6th ed). Jakarta: PT. Bumi Askara.
  6. Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama widya.
  7. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Alwi, M. (2011). Belajar Menjadi Bahagia dan Sukses Sejati. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  9. Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogjakarta: Garudhawaca.
  11. Kunandar. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
  12. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka Publisher.
  13. Muliawan, J.U. (2018).Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserrch).
  14. Yogyakarta: Gava Media
  15. Nurdin, S. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran (2nd ed), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  16. Hasdin. (2014). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pokok Bahasan Kegiatan Jual Beli di Kelas III SDN Simo Kecamatan Simpang Raya Kabupaten Banggai.
  17. Rizkia. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kecamen Manisrenggo Klaten Jawa Tengah.
  18. Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakartak: Kencana.
  19. Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS. Yogjakarta: Garudhawaca.
  20. Silvia, R. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Dididk Kelas V MI Al Huda Tumpang Talun Blitar.
  21. Sudjana, N. (2017). Teori-Teori Hasil Belajar. Bandung: Rosda.
  22. Susanto, A. (2013b). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  23. Susanto, A. (2013a). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  24. Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
  25. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. jakarta: Kencana.
  26. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: lfabeta.
  27. Uno H. B. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Askara.
  28. Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Bealajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif (10th ed). Jakarta: PT. Bumi Askara.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-12-31
Published: 2020-01-13
Section: Articles
Article Statistics: