UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PENCAMPURAN WARNA DENGAN PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI TK ISLAM SILMI SAMARINDA

  • Kartika Fajriani Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim
  • Heppy Liana Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim
Abstract views: 215 , PDF downloads: 170

Abstract

Kemampuan kognitif diperlukan oleh anak dalam rangka mengembangkan pengetahuan tentang apa yang anak dengar, rasa, raba ataupun ia cium panca indera yang ia miliki.. Dalam pembelajaran kognitif khususnya pembelajaran sains masih banyak kendala yang terjadi di lapangan, salah satunya adalah kurangnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran terutama dalam mengenalkan warna pada anak pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat di rumuskan sebagai berikut : Bagaimanakah meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan eksperimen pencampuran warna  pada  usia 5-6 tahun TK Islam Silmi ? b) Apakah kegiatan mencampur warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun TK Islam Silmi ? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui pencampuran warna dengan kegiatan percobaan sains sederhana pada usia 5-6 tahun TK Islam Silmi. Berdasarkan hasil observasi dan penelitian dilakukan dengan berpedoman pada beberapa aspek atau indikator yang meliputi: Anak mampu melakukan percobaan mencampur warna, anak mampu mencampur dengan kesesuaian warna, anak mampu menceritakan hasil percobaa sains sederhana. Setelah dilaksanakan penelitian yang berjalan selama dua siklus, terbukti bahwa ternyata ada perubahan setelah dilakukan tindakan atau setelah diterapkan metode yang sesuai saat bermain mencampur warna. Berikut ini adalah penjelasan peningkatan hasil belajar pada siklus I dan siklus II, pada siklus I dengan rata-rata nilai persentase ketuntasan rata-rata mencapai 50%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai persentase ketuntasan mencapai 90%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pencampuran warna dengan percobaa sains sederhana dapat meningkatkkan perkembangan kognitif di bidang sains pada anak usia 5-6 tahun TK Islam Silmi di Samarinda Utara.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Aditya Media.

Basuki. 2003. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung : Alfabeta.

Cahyo Agus N. 2011. Game Khusus Penyeimbang Otak Kanan dan Kiri Anak. Yogyakarta : Flash Books.

Depdiknas. 2002. Pedoman Pengembangan Silabus di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas. 2004.

Hartini Sitti. 2010. Pengembangan Peserta Didik, Bandung: Refika Aditama.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Gramedia.

Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak Dan Roudlotul Athfal. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniasih, Imas. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Edukasia.

Lerin, Christine. 2009. 105 Permainan Untuk Meningkatkan Kecerdasan dan Kreativitas Buah Hati. Jakarta : Trans Media.

Liana, H. Rahardjo,B. Sjamsir, H. 2018. Implementasi Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini di PAUD anak Kita Preschool Samarinda : http://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/222/131

Liana, H. Utami, D. 2018. The Optimization of Early Childhood Scientific Approaches to Centre of Play in Kindergarten Fastabiqul Khairat Samarinda.

URL: http://arpgweb.com/?ic=journal&journal=15&info=aims

Martuti. 2009. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta : BPFE ULL.

Maulana, Rizky dan Amalia, Putri. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Lima Bintang.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyati. 2005. Buku Pintar Belajar Matematika. Jogjakarta : Laksana.

Musfiroh. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Depdiknas.

Mushlich, Mansur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah Action Research Bagi Guru Profeional. Yogyakarta : Aditya Media.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk., Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka, 2006.

Published
2020-01-13
How to Cite
FajrianiK., & LianaH. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PENCAMPURAN WARNA DENGAN PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI TK ISLAM SILMI SAMARINDA. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 32-41. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/394
Section
Articles