MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE PERCOBAAN PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA

Authors

  • Ratna Ningsih SMP Negeri 4 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.395

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Biologi pokok bahasan Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan melalui metode percobaan. Subyek penelitian adalah  siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 4 Semester II Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung, pemberian tugas dan tes hasil belajar siswa yang diberikan setiap akhir siklus. Analisis data  menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk rata-rata dan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar Biologi dan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata kelas  60,51, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80,92 sehingga persentase peningkatan hasil belajar sebesar 19,5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran percobaan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

References

Darwis, M., 2008, Jurnal Pembelajaran Sains, Vol. II No. 2. 146-156

Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban), Jakarta; Grasindo

Nurhadi dan Senduk, A.G., 2004, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya, Malang; Universitas Negeri Malang

Sukidin, Basrowi dan Susanto., 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta; Insan Cita

Sudjana, N., 2000, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung; Remaja Rosda Karya

Wibawa, dkk., 2003, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta; Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Downloads

Published

2020-01-13

How to Cite

Ningsih, R. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE PERCOBAAN PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN DI SMP NEGERI 4 SAMARINDA. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 42–47. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.395

Issue

Section

Articles