PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 001 SAMARINDA UTARA

Ratna Khairunisa* -  Widya Gama Mahakam Samarinda University, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Maret – 02 April 2019. Penelitian ini dilakukan di SDN 001 Samarinda Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V-A dan V-B SDN 001 Samarinda Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Utara, hal ini dibuktikan dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai rhitung > rtabel yaitu 0.325 > 0.268 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden (N) sebanyak 54. (2) berdasarkan nilai R Square yang diperoleh, maka besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Utara yaitu sebesar 0,106 atau 10,6%.

  1. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  3. Barnawi, & Arifin, M. (2017). Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Teori & Praktik. Yogyakarta: Az-Ruzz Media.
  4. Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Daryanto, & Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajeman Pendidikan di Sekolah. (T. Marjuki, Ed.). Yogyakarta: Gava Media.
  6. Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  7. Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  8. Hasan, I. (2010). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  9. Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
  11. Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  12. Matin, & Fuad, N. (2016). Manajemen sarana dan Prasarana Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  13. Mulyasa, E. (2014). Manajeman Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  15. Priyanto, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.
  16. Purwanto. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  17. Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.
  18. Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  19. Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
  20. Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
  21. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  22. Sopiatun, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  23. Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  24. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  25. Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  26. Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
  27. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  28. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  29. Barnawi, & Arifin, M. (2017). Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Teori & Praktik. Yogyakarta: Az-Ruzz Media.
  30. Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  31. Daryanto, & Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajeman Pendidikan di Sekolah. (T. Marjuki, Ed.). Yogyakarta: Gava Media.
  32. Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  33. Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  34. Hasan, I. (2010). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  35. Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  36. Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
  37. Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  38. Matin, & Fuad, N. (2016). Manajemen sarana dan Prasarana Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  39. Mulyasa, E. (2014). Manajeman Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  40. Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  41. Priyanto, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.
  42. Purwanto. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  43. Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.
  44. Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  45. Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
  46. Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
  47. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  48. Sopiatun, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  49. Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  50. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  51. Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
  52. Wahyuningrum, K. (2015). Pangaruh Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Skripsi. FIP. Universitas Negeri Semarang.
  53. Wicaksono, P. (2012). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta
  54. Winansih, V. (2009). Psikologi Pendidikan. Medan: La Tansa Pers.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-13
Published: 2020-01-13
Section: Articles
Article Statistics: