Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah IPS SD yaitu melalui penerapan strategi pembelajaran menggunakan Metode Kooperatif Model Jigsaw Ruang Kelas  A Semester I Jurusan PGSD  Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilatar belakangi keinginan peneliti untuk lebih meningkatkan kreativitas dan kualitas dalam pembelajaran Pendidikan IPS SD karena melihat dilapangan kretifitas dosen dalam pembelajaran masih konvensional dan monoton dan diikuti fenomena melemahnya kualitas peserta didik yang sangat terasa di tempat peneliti mengajar. Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Ruang Kelas A Semester I Jurusan PGSD Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda yang berjumlah 50 orang mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes evaluasi, catatan lapangan, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dari Miles dan Hubermen. Analisis data kualitatif adalah untuk memperoleh data tentang : 1) Pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw, 2) Aktivitas Belajar, 3) Respon mahasiswa, dan 4) Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa.

Article Details

How to Cite
RiniE. K. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN IPS SD RUANG KELAS A SEMESTER I JURUSAN PGSD UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2013. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 1(1), 23-41. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/45

References

  1. Anita Lie, 2008. Cooperative Learning, Jakarta: PT. Grasindo.
  2. Alwasilah, A. Chaedar.2002. Pokoknya Kualitatif, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
  3. Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Atmodiwiro, Subagyao. 2002. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta:Ardadzya Jaya
  5. Depdiknas, 2001. Education New Paradigm Of Civics Education For Primary and Secondary, Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
  6. Depdiknas, 2008. Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  7. Dimyati dan mujino, 1999. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: rineka cipta.
  8. Djamara, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinekka Cipta.
  9. Fatta Nanang, 2001. Landasan Manaajemen Pendidikan , dari filsafat ke Ruang Kelas. Jakarta: Transwacana
  10. Hamalik, Oemar. 2001.Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA, Bandung: Sinar Baru Algesindo
  11. Hamalik, Oemar.2008 Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
  12. Hidayat Komaruddin 2007, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Madani
  13. I.Winardi.2007 Motivasi dan Pemotivasian dalam Menajemen Jakarta: Raja Grafindo Persada
  14. Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Leaming, Bandung : MCC. Mizan Learning Center
  15. Kunandar, 2008. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas, jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  16. Moleong. 2001. Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Rosdakarya Malayu
  17. Miyarso, Yusuf Hadi, 2007. Menyemai benih Teknologi Pendidikan jakarta, kencana.
  18. Oemar Hmalik, 2007. Kurikulum dan proses pembelajaran, jakarta: Bumi Aksara
  19. Sugiono. 2008. Metodologi Penelitian Pendididkan Pedekatan Kuantitatif, kualitatif, R and D Bandung : Alfabeta
  20. Sudarsono, FX. 2008. Rencana, Desain, dan inplementasi dalam pedoman pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Jakarta: DIKTI Depdikbut.
  21. Paul D Riech, 2001. Dalam Oemar Hamalik, Kurikulum dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara
  22. Permandiknas, NO. 41. 2007, Tentang Standar Proses, Departemen Pendidkan Nasional
  23. Suhastono, agus, 1999. Penelitian Tindakan Kelas (acthion,reasearch) Bahan Pelatihan Pengajaran Kontekstual Bagi Guru dan Dosen, Samarinda : Depdikbud
  24. Sondang.P. Siagian. 1989 Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara
  25. Sili, Surya dan Raharjo. Budi.2007. Orientasi Baru Dalam Psikologi Belajar. Modul Pembelajaran, Samarinda
  26. Djahiri, A.Kosasih.&Fatimah Ma’mun. (1978/1979). Pengajaran Studi Sosial/IPS:Dasar-Dasar Pengertian-Metodologi Model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
  27. Bandung:LPPP-IPS,FKIS IKIP Bandung.
  28. Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI Lulusan S1 PGSD. Direktorat Ketenagaan Dikti, Depdiknas, Jakarta.