PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA BERBASIS MULTIMEDIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andi Haslina Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.642

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui langkah – langkah pengembangan media pembelajaran  tema panas dan perpindahannya berbasis multimedia bagi siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran  tema panas dan perpindahannya berbasis multimedia bagi siswa kelas V Sekolah Dasar, (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran dalam tema penas dan perpindahannya berbasis multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran tema panas dan perpindahannya berbasis multimedia siswa kelas V Sekolah Dasar dikembangkan berdasarkan model pengembangan  menurut Borg dan Gall.  Dalam implementasinya penelitian ini hanya menggunakan sampai pada langkah pengembangan ke tujuh (7), dan dikembangkan sesuai prinsip instruksional yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain dan pengembangan produk, (3) validasi produk I, (4) uji kelompok kecil, (5) validasi produk II, (6) uji kelompok besar, dan terakhir (7) evaluasi dan desiminasi. Hasil validasi dari validator tahap II yaitu ahli materi dan ahli media sebesar 89% dan 87% dengan kategori sangat layak.  Setelah dilakukan evaluasi disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebesar 35% setelah menggunakan media pmebelajaran tersebut sehingga media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Haslina, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA BERBASIS MULTIMEDIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 87–90. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.642

Issue

Section

Articles