PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • Fanie Ryant Syafitri Universitas Trunajaya Bontang

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar pelajaran fisika pada materi cahaya di kelas VIlI SMP Negeri 1 Bontang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIll-A dan VIIl-B yang berjumiah 45 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey explanatory. Untuk mengukur keterampilan dasar mengajar guru dan hasil belajar siswa, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dihubungkan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan rata rata nilai sebesar 77,22 dan keterampilan dasar mengajar guru termasuk dalam kriteria tinggi, yaitu sebesar 71%. Dari hasil analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 20didapatkan persamaan Y=17,241 +0,778X. Uji F diperoleh nilai Fhitung= 56,017  dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Haditerima. Secara parsial (uji t) diperoleh thitung4,067 (pada taraf signifikansi 5%) sehingga Ha diterima. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar fisika pada materi cahaya di kelas VII SMP Negeri l Bontang.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Syafitri, F. R. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99–105. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.644

Issue

Section

Articles