PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (PERUBAHAN WUJUD BENDA) BERBASIS SAINTIFIK DI SD NEGERI 008 SANGATTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.647Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkanbahanajar, kepraktisan, keefektifan dan mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Berbasis Saintifik Di SD Negeri 008 Sangatta Utara. PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganatauResearch& Development(R&D).ResearchandDevelopmentadalahmetodepenelitianyang digunakanuntukmenghasilkanproduktertentudanmengujikevalidan, kepraktisan dan keefektifanproduk berupa bukuajar Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Berbasis Saintifik Di SD Negeri 008 Sangatta Utara.. Penelitianpengembangan ini menghasilkan kelayakan produk yang dikembangkan, dilakukan uji validasi yang melibatkan dosen ahli materi dengan skor rata-rata 4,71 ahli media dengan skor rata-rata 4,74 dan dosen ahli Bahasa Indonesia dengan skor rata-rata 4,81 serta uji coba pada siswa dengan skor rata-rata 4,22 dengan kriteria sangat baik. Kriteria kepraktisan buku ajarl yang dikembangkan dengan persentase sebesar 89,28% dan keefektifan buku ajar yang dikembangkan dengan persentase sebesar 84,4% maka bahan ajar Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Berbasis Saintifik Di SD Negeri 008 Sangatta Utarasangat layak digunakan. Untuk mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara efisien dalam implementasinya bersifat efektif dan efisien. Penilaian kelayakan bahan ajar ini meliputi empat aspek yaitu, aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan aspek kegrafikan.