PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AWAL DENGAN MENGGUNAKAN KARTU SUKU KATA KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Masitah Bahrun Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.650

Abstract

   Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berupa media pembelajaran membaca awal untuk siswa Kelas 1 SD dengan fokus pada model media pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan produk media pembelajaran berupa kartu suku kata.Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan media pembelajaran membaca awal dengan menggunakan kartu suku kata di Kelas 1 Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran membaca awal dengan menggunakan kartu suku kata di Kelas 1 Sekolah Dasar, dan (3) untuk mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran membaca awal dengan menggunakan kartu suku kata di Kelas 1 Sekolah Dasar.  Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi, tes kelas dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Analisa data kualitatif untuk mendeskripsikan pendapat, saran, dan tanggapan validator, sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengolah data hasil observasi penilaian produk dan tes kelas. Hasil pengembangan produk menunjukkan (1) pengembangan media pembelajaran kartu suku kata dilakukan melalui 3 tahap, sehingga hasil pengembangannya terlihat pada penggabungan  huruf menjadi suku kata,  mengeja suku kata menjadi kata, menggabungkan kata menjadi kalimat, membaca suku kata pada kartu suku kata, memasang kata dengan gambar, da melengkapi kata dalam kalimat; (2) hasil pengembangan media pembelajaran kartu suku kata dikategorikan sangat layak dengan skor rata rata yang diberikan oleh ahli materi  yaitu 91% kategori sangat layak, ahli media & desain yaitu 76,11 kategori layak; dan (3) efektivitas pengembangan media pembelajaran ditandai oleh hasil belajar ketika belajar uji coba media terhadap siswa dan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan perencanaan pembelajaran yang telah dilakukan berdasarkan data yg diperoleh dari uji coba awal kelompok kecil dengan nilai rata rata 73,37% dan nilai akhir uji kelompok kecil meningkat menjadi 87,14%, sedangkan hasil yg dicapai pada uji awal kelompok besar atau uji  lapangan nilai rata rata 88,54% sedangkan uji akhir kelompok besar atau uji lapangan terdapat peningkatan dengan nilai rata rata 89,69 %. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kartu suku kata dapat meningkatkan siswa dalam membaca awal.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Bahrun, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AWAL DENGAN MENGGUNAKAN KARTU SUKU KATA KELAS I SEKOLAH DASAR. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 134–139. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.650

Issue

Section

Articles