IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA

  • Nani Astutiningsih Universitas Mulawarman
Abstract views: 14 , PDF downloads: 9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Kurikulum 2013, mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, mendeskripsikan hambatan-hambatan yang ditemui guru dalam melaksanakan implementasi Kurikulum 2013, dan mendeskripsikan solusiyang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda.Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan datadeskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian kualitatif ini adalah berupa kata-kata tertulis atau lisan dariorang-orang dan perilaku yang dapat diamati, menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data yaitu analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek Implementasi meliputi perencanaan, proses pembelajaran di sekolah, dan kegiatan monitoring dan evaluasi. Evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Samarinda perlu diawali dengan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Pembahasan: Hambatan-hambatan yang menjadi kendala guru kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda pada pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah pada penilaian autentik yang terdiri dari 4 aspek yaitu aspek sosial, aspek spiritual, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Solusi dalam menghadapi hambatan dalam Implementasi Kurikulum 2013 yaitu (1) mengikutkan guru-guru dalam workshop-workshop tentang Kurikulum 2013, (2) melengkapi sarana/prasaran, (3) mengadakan evaluasi setiap 1 semester, (4) membentuk tim khusus pengembang Kurikulum 2013, (5) rutin melakukan supervisi guru. Kesimpulan: Pelaksanaan Kurikulum 2013 kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda sudah berlangsung baik.

Published
2020-12-31
How to Cite
AstutiningsihN. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA . PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 140-155. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.651
Section
Articles