PENGARUH COOPERATIVE LEARNING (TPS) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Authors

  • Taufik Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui:(1) Perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learningtipe think pair share, (2) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model cooperative learningtipe think pair sharedan model pembelajaran konvensional, (3) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi dan keterampilan berpikir kritis rendah pada penerapan model cooperative learningtipe think pair share, (4)Interaksi antara penerapan model pembelajarancooperative learningtipe think pair share dan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajarIPAsiswa. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan post test.Sampel penelitiandipilih dengan teknik purposive sampling.Data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-testdan two way Anova. Hasil akhir penelitian dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan model cooperative learningtipe think pair sharedan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar IPA siswa.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Taufik. (2020). PENGARUH COOPERATIVE LEARNING (TPS) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 171–177. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.654

Issue

Section

Articles