Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam membuat 1) perencanaan pengembangan sarana prasarana, 2) pelaksanaan pengembangan sarana prasarana, 3) evaluasi pengembangan sarana prasarana, 4) hambatan dan solusi dalam pengembangan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa 1) perencanaan pengembangan sarana prasarana dilakukan dengan menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan sarana prasarana, seleksi program kegiatan sarana prasarana, membuat draft anggaran sesuai dengan RKAS dan musyawarah dalam rapat bersama warga sekolah, (2) pelaksanaan pengembangan sarana prasarana yang dilakukan adalah dengan membentuk tim kegiatan, membuat kontrak kerja dengan pihak terkait, pengawasan dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah, (3) evaluasi pengembangan sarana prasarana dilakukan dengan cara mengecek keterlaksanaan antara perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sudah memenuhi standar minimal atau belum dan 4) hambatan dan solusi yang dialami kepala sekolah adalah melakukan menyesuaikan terlebih dahulu dengan jumlah dana yang ada, kemudian menentukan kebutuhan apa saja yang diperlukan bagi pengembangan sarana prasarana yang akan datang. Sampai saat ini, sekolah masih terus melakukan pengembangan sarana prasarana secara kontinyu karena tidak semua perencanaan dapat terealisasi dan hal tersebut dikarenakan sumber dana yang terbatas.

Article Details

How to Cite
Ika Yuliana, Zaenab Hanim, & Dwi Nugroho Hidayanto. (2021). PERENCANAAN PENGEMBANGAN SARANA PRASARANA SMP NEGERI KUTAI KARTANEGARA. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 6(2), 94-104. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.879