PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Samsul Adianto Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda
  • Rony Budyanto Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 003 Sungai Kunjang melalui penerapan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang diperoleh disajikan dalam paparan naratif, rata-rata, dan persentase. Dari hasil  analisis didapatkan bahwa keterampilan berfikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (16,67%), siklus II (79,16%). Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari prasikllus, siklus I sampai siklus II yaitu, prasiklus  (41,66%), siklus I (70.83%) dan siklus II (87,50%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar IPA kelas III SDN 003 sungai kunjang.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Samsul Adianto, & Rony Budyanto. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 162–172. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.911

Issue

Section

Articles