PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA GASER TERHADAP KETRAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD N NGESREP 01

  • Rahayu Astriani Universitas PGRI Semarang
Abstract views: 505 , PDF downloads: 1296

Abstract

This research was conducted in SD N Ngesrep 01, by examining the fourth grade children in the 2nd half 2016/2017 school year totaling 30 children. This research is a quantitative research. This study was conducted to determine the effect of non-teaching model example non example of media-assisted gaser the description writing skills of students. Data description writing skills of children are analyzed using observational methods. The data was then analyzed by statistical analysis methods. The result showed that there was the influence of the learning model  example non example of media-assisted gaser the description writing skills of students. On learning model example non example media-assisted gaser media experience influence on description writing skills of fourth grade students who initially low into the high category.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadhilla, N. K. (2012). PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES KEPADA SISWA KELAS IV SDN TULUSREJO 2 MALANG. Skripsi .

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hariani, S. (2014). Penggunaan Media Gambar Berseri untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian . JPGSD UNESA .

Hidajati, R. L. (n.d.). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Putat Gede II/95 Surabaya. Jurnal Unesa .

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrianto, D. (2012). Meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif Example non Example mata pelajaran IPA (sains) bagi siswa kelas SD N Bango 1 Demak pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi .

Sadiman, dkk. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

shoimin, k. d. (2014). Model pembelajaran inovatif. Bandung: Raja Grafindo.

Soegeng, A.Y. 2012. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: UniversitasPGRIPress.

Sudjana. 2005. Metoda Statitika Edisi 6. Bandung: Tersito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, Nunuk & Leo Agung.2012.Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta:Penerbit Ombak.

Susanti, A. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK

MENINGKATKAN KETERAMPILAN. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216 .

Susanto, Ahmad.2016.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group

Zainudin, T. (2015). Pembelajaran Mengarang Deskripsi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Zainurrahman. (2013). Menulis : Dari teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-05-31
How to Cite
AstrianiR. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA GASER TERHADAP KETRAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD N NGESREP 01. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 91-99. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/99
Section
Articles