Implementasi Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • MUHAMMAD SUBNI Pascasarjana Universitas Mulawarman
  • Aldila Prillia Putri Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mulawarman
  • Yanti Restiawati Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mulawarman
  • Nancy C.O.M Pelealu Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1808

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik kepemimpinan visioner yang efektif dalam konteks pendidikan, memahami bagaimana kepemimpinan visioner dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan, menganalisis tantangan dalam implementasinya, dan memberikan rekomendasi praktis bagi pemimpin pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur relevan untuk mendapatkan pemahaman mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner memiliki dampak positif signifikan terhadap mutu pendidikan, terutama melalui pengembangan kurikulum inovatif, metode pengajaran efektif, dan pemberdayaan profesional guru. Meskipun terdapat tantangan seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya, komitmen kuat dan strategi yang efektif dapat mengatasi hambatan ini. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan baik secara teoritis maupun praktis, serta memberikan wawasan dan panduan bagi pemimpin pendidikan dalam menerapkan kepemimpinan visioner untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih baik.

Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Mutu Pendidikan

Published

12-08-2024

How to Cite

SUBNI, M., Prillia Putri , A., Restiawati, Y., C.O.M Pelealu, N., & Dwiyono, Y. (2024). Implementasi Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1808

Most read articles by the same author(s)